• JL. BATHIN MUHAMMAD ALI, TELUK ASAH RT.005RW.003

POS PEMBINAAN TERPADU PENYAKIT TIDAK MENULAR (POSBINDU-PTM)

26 Oktober 2020 RISKA EMELIYA Berita Desa Dibaca 74 Kali

      

Pos Binaan Terpadu  Penyakit Tidak Menular (POSBINDU-PTM) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi (Penyakit jantung ,diabetes, penyakit paru,asma,dan kanker) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Kegiatan dari POSBINDU-PTM adalah sebagai berikut :
1. Monitoring faktor resiko bersama PTM secara rutin berarti kebiasaan memeriksa kondisi kesehatan meski tidak dalam kondisi sakit dan secara periodik artinya pemeriksaan kesehatan dilakukan secara berkala.
2. Konseling faktor resiko PTM tentang diet, aktifitas fisi, merokok, stress dll.
3. Penyuluhan / dialog interaktif sesuai masalah terbanyak.
4. Aktifitas fisik bersama seperti olah raga bersama, kerja bakti dll.
5. Rujukan kasus faktor resiko sesuai kriteria klinis.

Ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM). Sasaran dari kegiatan ini adalah kelompok Masyarakat Sehat, Berisiko dan Penyandang PTM  yang berusia 15 tahun ke atas, orang sehat agar faktor resiko tetap terjaga dalam kondisi normal, orang dengan faktor resiko adalah mengembalikan kondisi beresiko ke kondisi normal, mengendalikan faktor resiko pada kondisi normal untuk mencegah timbulnya komplikasi PTM.

Untuk meningkatkan antusias Masyarakat Desa Berakit, Bapak Muhammad Adnan selaku Kepala Desa Berakit beserta Staff Pemerintahan Desa secara langsung mengikuti Kegiatan Posbindu PTM. Kepala Desa Berakit memberikan arahan dan saran kepada Kader Posbindu PTM (penyakit tidak menular) dan staff nya untuk melakukan promosi kepada Masyarakat.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar